Tumbuh Kembang Anak

No comments

Bagi Anda orang tua yang baru saja dikaruniai seorang buah hati, ada baiknya untuk menambah wawasan mengenai tumbuh kembang anak guna memantau pertumbuhan buah hati Anda.

Memiliki seorang anak merupakan salah satu nikmat yang telah diberikan Allah. Tentu saja sebagai orang tua, akan berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya. Baik dari segi pendidikan, sampai dengan finansial.

Namun, sebelum mempersiapkan beberapa hal tersebut Anda perlu mempersiapkan hal yang lebih dasar terlebih dahulu. Hal mendasar yang perlu dilakukan oleh setiap orang tua ialah memastikan tumbuh kembang anak – anaknya sejak masih dalam kandungan sampai dengan usia golden agenya.

Anda tidak hanya perlu memantau tumbuh kembang anak usia 1 tahun saja, namun Anda perlu mengamati secara keseluruhan mulai anak lahir sampai dengan masuk usia remaja.

Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun - 1

Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan

Perkembangan dan pertumbuhan merupakan hal yang berbeda namun sulit untuk dipisahkan. Pertumbuhan merupakan suatu perubahan ukuran tubuh dan merupakan sesuatu hal yang dapat dibaca pada buku pedoman.

Pengertian pertumbuhan secara termitologis merupakan perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanannya. Sedangkan perkembangan lebih dtujukan kematangan fungsi alat-alat tubuh.

Perkembangan merupakan bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, berbicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.

Pada anak bayi hinga usia 5 tahun pertama sangatlah penting dan merupakan pertumbuhan dan perkembangan yang paling cepat pada anak. Masa lima tahun pertama merupakan masa yang tidak dapat diulang lagi. Masa itu disebut “ Masa Keemasan (Golden Period), “jendela Kesempatan (Window of Opportunity)” dan “Masa Kritis (Critical Period).

Jika Anda masih belum memahami tahapan tumbuh kembang anak pada masa keemasaan ini, Anda dapat memahaminya melalui tabel tumbuh kembang anak selama masa golden age. Dengan memberikan stimulasi tumbuh kembang anak yang tepat pada tahapan usia tertentu, Anda dapat membantu anak Anda melalui golden age dengan cara yang tepat.

Pemberian stimulasi yang tepat pada anak akan membantu anak Anda bertumbuh dengan kemampuan yang optimal. Tentu dengan kekhasannya sebagai seorang individu. Sebab, pada dasarnya setiap individu membawa karakter maupun bakat yang berbeda dari yang lain.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun

Karakteristik Fisik Pada Masa Tumbuh Kembang Anak

Salah satu organ yang terpenting ialan otak, otak merupakan salah satu pusat kendali yang dimiliki seseorang. Kemampuan otak ini akan mendukung berbagai fungsi kerja manusia mulai dari sistem kerja motorik sampai dengan sistem kerja organ dalam lainnya.

Otak ini tak bekerja sendirian dalam melakukan koordinasi tubuh manusia, ia membutuhkan peran dari sitem kendali saraf tepi dan juga tulang belakang. Namun, tahukah Anda jika perkembangan masa kanak – kanak putra – putri Anda dapat membantu berbagai sistem kerja tubuhnya?

Jika dibandingkan dengan otak orang dewasa maka otak balita lebih plastis, dimana plastisitas otak pada balita mempunyai sisi positif dan negatif. Sisi positifnya, otak balita lebh terbuka untuk proses pembelajaran dan pengkayaan. Sedangkan sisi negatifnya, otak balita lebih peka terhadap lingkungan utama nya yang tidak mendukung, seperti asupan gizi yang tidak adekuat, kurang stimulasi dan tidak mendapat pelayanan kesehatan yang memadai.

Proses berkembangnya anak berjalan secara alami, tetapi pertumbuhan anak ini juga tergantung kepada orang tuanya. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sesuai dengan kebutuhan anak dan sejalan dengan berbagai tahap perkembangannya.

Untuk memahami berbagai tahapan perkembangannya Anda perlu memahami beberapa ciri – ciri tumbuh kembang pada anak Anda. Adapun ciri – ciri tumbuh kembang anak yaitu:

  • Pertama, perkembangan menimbulkan perubahan, dimana perkembangan terjadi bersamaan dengan pertumbuhan, setiap pertumbuhan disertai dengan perubahan fungsi.
  • Kedua, pertumbuhan dan perkembangan pada tahap awal menentukan perkembangan selanjutnya, setiap anak tidak akan bisa melewati satu tahap perkembangan sebelum ia melewati tahapan sebelumnya.
  • Ketiga, pertumbuhan dan perkembangan mempunyai kecepatan yang berbeda, sebagaimana pertumbuhan, perkembangan mempunyai kecepatan yang berbeda-beda baik dalam pertumbuhan fisik maupun perkembangan fungsi organ dan perkembangan juga berbeda pada masing-masing anak.
  • Keempat, perkembangan berkorelasi dengan pertumbuhan, anak sehat berarti bertambah usia, bertambah berat badan dan tinggi badan serta bertambah kepandaiannya.
  • Kelima, perkembangan mempunyai pola yang tetap, yaitu dari kepala menuju ke arah anggota tubuh.
  • Keenam, perkemabngan terjadi dari daerah proksional/ gerak kasar lalu ke gerak halus/ jari-jari.
  • Ketujuh, perkembangan memiliki tahapan yang berurutan, dimana disetiap perkembangan mengikuti pola yang teratur dan berurutan.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Pentingnya Deteksi Dini Pada Tumbuh Kembang Anak

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memantau tahap tumbuh kembang anak Anda. Salah satunya adalah deteksi dini adanya penyimpangan pertumbuhan pada anak. Upaya ini termasuk salah satu cara preventif untuk menjamin kesehatan putra – putri Anda.

Alasan deteksi secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang anak sangatlah penting yaitu, masa kanak-kanak awal memiliki pengaruh kritis pada keberhasilan sekolah di masa berikutnya, otak yang belum terdeferensiasi pada anak-anak yang masih kecil masih mudah untuk menerima intervensi, kesempatan untuk mencegah masalah sekunder misalnya masalah pada harga diri dan keyakinan diri, serta memberikan keuntungan-keuntungan yang lainnya seperti, bagi penyandang cacat fisik dan keterbelakangan mental, bisa meningkatkan fungsi keluarga.

Bagi lingkungan yang bermasalah, bisa menurunkan kejadian tidak naik kelas, menurunkan kebutuhan layanan pendidikan khusus, menurunkan tingkat drop out dari sekolah. Memperjelas gambaran pengaruh yang merugikan seperti interaksi bayi-orantua yang pasif / sangat keras.

Ada beberapa cara mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satunya dengan melakukan skrining gangguan perkembangan anak seperti, deteksi dini, stimulsi dan tes IQ serta yang tes yang lain-lain. Mengevaluasi lingkungan anak, tumbuh kembang anak adalah hasil dari interaksi antara faktor genetik dengan lingkungan bio-fisik-psikososial.

Melakukan evaluasi penglihatan dan pendengaran anak, melakukan evaluasi bicara dan bahasa anak, serta pemeriksaan fisik.

Oleh karena itu, Anda perlu mengamati berkembangan yang sesuai dengan usia anak Anda. Berikut ini adalah tips-tips agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik dan sesuai yaitu:

Ketika didalam bayi berada baik di kandungan maupun sudah berada di luar kandungan, berikan gizi yang sesuai dengan kebutuhan, perhatikan lingkungan disekitar anak berkembang, lingkungan pengasuhan, dan juga stimulasi. Menjaga kesahatan ibu dan anak juga sangat penting agar tumbuh kembang dan anak bisa berjalan dengan baik. Perhatian dan kasih sayang orang tua dan juga lingkungan sekitar juga sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak.

Saat ini Anda sudah dapat mengandalkan jasa konseling mengenai perkembangan anak melalui DS Consultant. DS Consultant melayani berbagai jenis konseling maupun assesment psikologi untuk keluarga Anda hingga dengan instansi tempat Anda bekerja. Untuk informasi lengkapnya Anda dapat langsung mehubungi CS DS Consultant.

Sedang Mencari Jasa Konsultasi Psikologi Online?

Langsung Hubungi Kami di Nomor Customer Service kami dengan klik berikut ini:wa dsconsultantatau ke website https://dsconsultant.id

★★★★★

Artikel lainnya:

Tumbuh Kembang Anak 3 Tahun

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tumbuh Kembang Anak
Author Rating
51star1star1star1star1star
Tumbuh Kembang Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *