Tumbuh Kembang Anak 5 Tahun

No comments

Salah satu jenjang usia yang paling sering memperoleh perhatian oleh orang tua ialah tahap tumbuh kembang anak 5 tahun. Pada usia ini anak – anak biasanya sudah menunjukkan sikap dan perilaku yang mandiri. Di usia ini juga anak – anak akan menunjukkan karakter dasar yang mulai membentuk perilakunya terhadap lingkungannya.

Akan tetapi peran orang tua tetap harus ada untuk memastikan pertumbuhan anak usia 5 tahun tersebut. Jika Anda sedang mencari tahu informasi mengenai cara mendidik anak usia 5 tahun agar cerdas, maka Anda dapat memperoleh informasi lengkapnya melalui ulasan artikel kami ini.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak 4 Tahun

Proses Tumbuh Kembang Anak Usia 5 Tahun

Perkembangan anak dari bulan ke bulan akan menunjukkan perbedaan yang mencolok. Anda dapat melihat perbedaannya dengan melihat perkembangan tumbuh kembang anak umur 2 tahun dengan anak Anda yang sudah memasuki tahap tumbuh kembang usia 5 tahun. Umumnya, perkembangan anak dari rentang usia 48-60 bulan atau 4-5 tahun mulai berkembang sangat pesat.

Mulai dari tinggi badan, berat badan, perubahan fisik, kemampuan berkomunikasi, hingga kemampuan sosial. Bahkan mungkin Anda sudah dapat mendeteksi tingkat intelegensi maupun multiple intelegensi yang dimiliki oleh anak usia 5 tahun.

Pada usia ini Anda juga sudah dapat melihat dengan jelas pengaruh pola asuh lingkungan tumbuh anak terhadap kondisi psikologi anak usia 5 tahun. Anda sudah dapat melihat setiap detail karakter anak, mulai dari cara bersikap sampai dengan memperlakukan orang di sekitarnya.

Hal ini adalah salah satu indikator bahwa perkembangan moral serta dasar-dasar kepribadian anak juga dibentuk, sehingga setiap kelainan/penyimpangan si kecil papun apabila tidak dideteksi apalagi tidak ditangani dengan baik, akan mengurangi kualitas daya manusia di kemudian hari.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun

Tumbuh Kembang Anak 5 Tahun - 2

Tabel Tumbuh Kembang Anak

Sebelum menentukan cara mendidik anak usia 5 tahun yang tepat, Anda dapat mengumpulkan informasi yang lebih lengkap mengenai tahap tumbuh kembang anak usia 5 tahun. Tujuannya agar Anda dapat menentukan dan memodifikasi pola asuh yang akan Anda gunakan untuk membentuk karakter dan mengoptimalkan potensi kecerdasaan anak Anda.

Berikut ini adalah tahapan perkembangan anak usia 48-60 bulan:

PERKEMBANGAN USIA 36-48 BULAN
MOTORIK Kasar
  • Berdiri 1 kaki 6 detik
  • Melompat-lompat 1 kaki
  • Menari
Halus
  • Menggambar tanda silang
  • Menggambar lingkaran
  • Menggambar orang dengan 3 bagian tubuh
  • Mengancing baju atau pakean boneka
KOGNISI
  • Menyebut angka, menghitung jari
  • Menyebut nama-nama hari
BAHASA
  • Menyebut nama lengkap tanpa dibantu
  • Senang bertanya tentang sesuatu
  • Menjawab pertanyaan dengan kata-kata yang benar
  • Bicaranya yang mudah dimengerti
EMOSI
  • Bereaksi tenang dan tidak rewel ketika ditinggal ibu
SOSIAL, KEMANDIRIAN
  • Bermain bersama teman, mengikuti aturan permainan
  • Menggosok gigi tanpa dibantu

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun Agar Cerdas

Untuk tumbuh kembang anak yang maksimal, makanan dan minuman sehat saja tidaklah cukup. Makanan dan minuman memanglah sangat dibutuhkan oleh si kecil. Namun tanpa adanya stimulasi yang baik maka si kecil tidak akan berkembang dengan baik.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan si kecil?

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menstimulasi anak usia 48-60 bulan:

  1. Kemampuan motorik kasar, bisa dengan bermain bola, lari, lompat dengan 1 kaki, lompat jauh, jalan di atas papan sempit/ permainan keseimbangan tubuh, berayun-ayun dan memanjat.
  2. Kemampuan motorik halus, stimulasi yang perlu dilakukan ialah, mengajak anak bermain puzzle, menggambar, menghitung, memilih dan mengelompokkan, memotong dan menempel gambar.
  3. Kemampuan bicara dan bahasa, stimulasi yang bisa dilakukan ialah, buat anak mau bertanya dan bercerita tentang apa yang dilihat dan didengar, dorong anak sering melihat buku, bantu anak dalam memilih acara TV, batasi waktu menonton TV maks 2 jam sehari, dampingi dan jelaskan kejadian baik dan buruk.
  4. Kemampuan bersosialisasi dan kemandirian, stimulasi yang bisa dilakukan ialah, berikan tugas rutin pada anak dalam kegiatan di rumah, ajak anak membantu di dapur dan makan bersama keluarga, buat anak bermain bersama dengan sebayanya, ajak anak berbicara tentang apa yang dirasakan anak, bersama-sama anak buatlah rencana jalan-jalan sesering mungkin.

Cara mendidik anak usia 5 tahun ini tentu akan nampak sangat berbeda dengan cara mendidik anak usia 2 tahun ataupun cara mendidik anak Anda pada usia sebelumnya. Hal yang Anda persiapkan dengan baik adalah dengan menyiapkan mainan yang sesuai dengan usia anak Anda. Permainan anak usia 5 tahun ini pun tidak dapat disamakan dengan permainan anak usia 3 tahun yang dulu pernah Anda ajarkan. Anak pastinya akan jenuh dan juga tidak tertarik dengan permainan tersebut.

Namun, tentu tanda tumbuh kembang seseorang tidak dapat disamakan dengan proses tumbuh kembang seseorang yang lain. Sebab, setiap individu membawa potensi yang berbeda dan memiliki lingkungan tumbuh yang berbeda – beda pula.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan konsultasi perkembangan anak usia 5 tahun Anda pada ahli. Sehingga, Anda akan lebih paham dan tepat dalam memberikan asuhan untuk anak Anda. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Customer Service DS Consultant.

Sedang Mencari Jasa Konsultasi Psikologi?

Langsung Hubungi Kami di Nomor Customer Service kami dengan klik berikut ini:wa dsconsultantatau ke website https://dsconsultant.id

★★★★★

Artikel lainnya:

Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tumbuh Kembang Anak 5 Tahun
Author Rating
51star1star1star1star1star
Tumbuh Kembang Anak 5 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *