Tumbuh Kembang Anak 3 Tahun

No comments

Pada tahapan tumbuh kembang anak 3 tahun, Anda harus memperhatikan banyak hal. Sebab, pada usia ini anak – anak masih berada pada masa golden agenya.

Golden age disebut juga dengan masa keemasaan, beberapa penelitian menjelaskan bahwa masa ini akan menentukan berbagai potensi yang akan dibawanya ketika dewasa. Dengan pemberian stimulan yang tepat, maka seorang bayi akan memiliki kapasitas yang optimal pada sistem koordinasi pusat di dalam tubuhnya.

Bahkan diketahui bahwa potensi intelektual seseorang dapat dikembangkan, diasah dan dipersiapkan semasa kanak – kanak. Untuk itu sebagai orang tua maupun calon orang tua, tentunya mempersiapkan berbagai hal yang menyangkut tumbuh kembang anak sangat diperlukan.

Meskipun, terkadang masyarakat beranggapan bahwa beberapa indikator pertumbuhan pada anak usia tertentu memiliki kesamaan namun sebenarnya ada perbedaan signifikan yang dapat dilihat dan diamati. Sebagai contoh perkembangan anak 3 tahun nampak sama dengan perkembangan anak usia 4 tahun, namun sebenarnya aspek perkembangannya tidaklah sama satu sama lainnya.

Tumbuh Kembang Anak 3 Tahun - 1

Perkembangan Anak Usia 3 Tahun Menurut Para Ahli

Pada dasarnya memang jarak antara perkembangan anak usia 2 tahun dengan perkembangan anak usia 3 tahun terpaut cukup dekat, namun perkembangan anak bisa saja lebih pesat. Sebagai contoh perkembangan motorik anak usia 3 tahun biasanya semakin lebih sempurna daripada anak usia 2 tahun. Untuk itu, para orang tua perlu memahami tahap tumbuh kembang anak usia 2 – 3 tahun yang sudah ada dengan baik.

Setelah lahir terutama pada 24 – 36 bulan pertama kehidupan, pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak masih berlangsung, dan terjadi pertumbuhan serabut syaraf-syaraf dan cabang-cabangnya, sehingga terbentuk jaringan syaraf dan otak yang kompleks. Jumlah dan pengaturan hubungan-hubungan antar sel syaraf ini akan sangat mempengaruhi segala kinerja otak, mulai dari kemampuan belajar berjalan, mengenal huruf, perkembangan emosional, hingga bersosialisasi.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun

Tumbuh Kembang Anak Usia 2 – 3 Tahun

Memasuki bulan ke 24 – 36, biasanya anak – anak akan menunjukkan perkembangan motorik kasar dan motorik halus yang lebih aktif daripada sebelumnya. Jika sebelumnya perkembangan anak dibawah bulan ke 24 cenderung lebih cepat dalam berbagai aspek, namun pada bulan ke 24 ini biasanya anak akan lebih menunjukkan perkembangan motoriknya.

Namun, pada bulan ini pula anak Anda sudah dapat Anda ajak untuk bermain menggunakan huruf, gambar dan permainan bentuk lainnya. Jika pada perkembangan anak 3 bulan Anda berinteraksi secara monolog dan cenderung aktif dalam memberikan rangsangan, maka akan berbeda pada masa ini. Anak cenderung akan menunjukkan keaktifan yang proaktif, hingga mungkin Anda akan kewalahan.

Untuk memahami perkembangan anak Anda pada usia ini, Anda perlu mengamati beberapa pertumbuhan dan perkembangan anak usia 24-36 bulan berikut ini:

PERKEMBANGAN USIA 24-36 BULAN
MOTORIK Kasar
  • Jalan naik tangga sendiri
  • Dapat bermain dan menendang bola sendiri
Halus
  • Mencoret pensil pada kertas
  • Memilih dan mengelomokkan bedna berdasarkan jenisnya

 

KOGNISI
  • Dapat menunjuk 1 atau lebih bagian tubuhnya ketika diminta
BAHASA
  • Berbicara dengan baik, menggunakan 2 kata
  • Menyebut nama, umur, tempat
  • Mengangkat piring jika diminta
EMOSI
  • Mengekspresikan perasaan
SOSIAL, KEMANDIRIAN
  • Melepaskan pakaiannya sendiri
  • Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak

Bentuk Pendampingan Orang Tua Dalam Tahap Tumbuh Anak 3 Tahun

Peran orang tua dalam setiap tumbuh kembang Anak memang sangat diperlukan. Apalagi untuk anak yang masih berusia 5 tahun ke bawah. Anda harus berperan aktif untuk memberikan stimulan kepada anak Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda siapkan untuk anak usia 3 tahun, misalnya pelajaran anak usia 3 tahun.

Lalu bagaimana sebaiknya orang tua bersikap pada periode ini?

Orang tua harus sering bicara dengan anak, menanyakan pendapat anak, menciptakan suasana yang berwarna warni, mengarahkan dengan tidak langsung. Kalau anak berusaha mengikat tali sepatunya, pujilah, dan jangan dibikin betul dengan tujuan menunjukkan kesalahannya.

Pada saat ini yang dia pelajari bukanlah mengikat tali dengan benar tapi bahwa dia dihargai karena punya inisiatif untuk melakukan sesuatu yang baru. Bila kondisi yang tercipta setelah krisis pertama terlewati adalah timbulnya Harapan, maka kondisi setelah krisis kedua ini berlalu adalah “citra diri” atau “Sense of Identity”.

Anak-anak yg tidak mengembangkan citra diri mereka ini, cenderung menjadi terlalu patuh dan penurut. Orang tua perlu terus menerus menggugah rasa percaya anak bahwa mereka bisa dan boleh menentukan hidup mereka sendiri.

Untuk Anda yang ingin memastikan setiap tahapan tumbuh kembang anak Anda, Anda dapat secara langsung melakukan konsultasi dengan pakar psikologis terpercaya. Anda dapat mengandalkan DS Consultant untuk memantau setiap detail perkembangan putra – putri Anda.

Silakan hubungi customer service kami, untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap.

Sedang Mencari Jasa Konsultasi Psikologi Online?

Langsung Hubungi Kami di Nomor Customer Service kami dengan klik berikut ini:wa dsconsultantatau ke website https://dsconsultant.id

★★★★★

Artikel lainnya:

Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tumbuh Kembang Anak 3 Tahun
Author Rating
51star1star1star1star1star
Tumbuh Kembang Anak 3 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *