Psikolog Pernikahan

No comments

Anda sedang mempersiapkan pernikahan Anda dan pasangan Anda? Jangan lupa untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan psikolog pernikahan.

Keinginan menikah seseorang tidak hanya perlu direalisasikan sekejap mata, namun Anda juga perlu mempersiapkan segala kebutuhan mengenai pernikahan itu sendiri. Selain untuk mempersiapkan segala keperluan finansial untuk Anda dan calon pasangan Anda, Anda juga perlu menyiapkan mental untuk dapat mempersiapkan pernikahan tersebut.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak

Konseling Pra Nikah

Konseling sebelum menikah atau dikenal juga sebagai konseling pra nikah merupakan sebuah sesi konseling yang diperuntukkan pasangan muda yang hendak menikah ataupun seseorang yang mempersiapkan diri untuk menikah. Konseling ini sangat diperlukan untuk pasangan yang hendak menikah, sebab setiap manusia memiliki sifat yang unik satu sama lainnya. Sifat – sifat yang unik kemungkinan akan mendistraksi kondisi psikis orang lain ataupun dirinya sendiri.

Sedangkan pernikahan merupakan sebuah ikatan yang dijalin seseorang dengan orang yang lainnya untuk mencapai sebuah visi bersama. Tentu untuk dapat merealisasikan visi dan misi bersama ini maka diperlukan sebuah upaya untuk menyatukan pemikiran satu sama lainnya. Padahal, kondisi emosi, kemampuan sosial sampai dengan intelektualitas seseorang itu berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk dapat menjembati perbedaan – perbedaan yang ada ini, maka Anda dapat memanfaatkan konseling pra nikah ini.

Dengan mengikuti sesi konseling pra nikah ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk dapat mempelajari teknik komunikasi sampai dengan cara merancang visi bersama pasangan Anda. Adanya konseling pra nikah ini akan lebih memudahkan Anda dalam mempersiapkan masa depan Anda bersama dengan keluarga Anda.

Baca juga: Tumbuh Kembang Anak 5 Tahun

Konsultasi Pernikahan

Konseling Pernikahan

Konseling pernikahan ini dapat Anda gunakan setelah Anda menikah, tujuan dari konseling ini adalah untuk membantu Anda dalam menghadapi berbagai hal terkait pernikahan Anda dan pasangan Anda. Sebab, di dalam pernikahan Anda memerlukan banyak penyesuaian diri dengan pasangan Anda. Anda tentu memerlukan pengetahuan dalam menyatukan pemikiran Anda dengan pasangan Anda.

Untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman konseling pernikahan, tentu sudah memahami alur dan juga strategi yang digunakan dalam melaksanakan sesi konseling ini. Umumnya, dengan melakukan sesi konseling ini seseorang akan lebih mudah dalam mengenali dirinya. Dengan demikian, ia pun akan lebih mudah dalam menjalin komunikasi dua arah dengan pasangannya.

Jika Anda mengajak serta pasangan Anda di dalam sesi konseling pernikahan ini, kemungkinan Anda akan lebih mudah lagi dalam menghadapi permasalahan – permasalahan di dalam pernikahan Anda. Dengan demikian, Anda pun lebih mudah untuk mewujudkan visi misi pernikahan Anda bersama dengan pasangan Anda.

Konseling ini pun tidak hanya terbatas pada sesi konseling untuk pasangan Anda saja, namun Anda juga dapat melanjutkan sesi konseling keluarga jika Anda sudah memiliki anak. Anda juga dapat menggunakan layanan konsultasi pendidikan untuk mempersiapkan pendidikan dan masa depan anak Anda.

Baca juga: Jasa Psikolog

Psikolog Pernikahan

Terkadang orang – orang berpendapat bahwa psikiater, psikolog dan juga konselor merupakan sebuah profesi yang sama. Namun, sebenarnya 3 profesi ini memiliki tugas yang berbeda. Seorang psikiater merupakan orang uang mengambil konsentrasi kedokteran jiwa. Tugasnya ialah memberikan konsultasi tentang kesehatan kejiwaan seseorang.

Umumnya seorang psikiater lulus selama 10 tahun (terhitung sejak jenjang strata – 1). Psikiater juga memiliki keterampilan baik dalam ranah konseling maupun psikoterapi. Psikiater memiliki hak dan wewenang untuk memberikan obat ataupun resep untuk klien dan pasiennya.

Psikolog sendiri merupakan seseorang yang diberikan untuk seseorang yang lulus sarjana Psikologi. Seorang psikolog biasanya perlu waktu 2 tahun lagi untuk menyelesaikan gelar profesinya, setelah lulus dari jenjang pendidikan strata – 1. Orang yang lulus dengan gelar psikolog pun memiliki ranah kerja yang cukup variatif, seperti menjadi HRD di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi.

Bahkan seorang psiklog juga dapat terlibat dalam penanganan konseling di dunia pendidikan dengan menggunakan pendekatan sosial – kejiwaan. Psikolog memiliki wewenang untuk memberikan terapi sampai dengan tes untuk pasiennya. Seorang psikolog juga dapat membantu Anda dalam menentukan diagnosa kliennya dengan menggunakan tes – tes psikologi tertentu. Misalnya tes IQ, minat bakat, karier ataupun tes kepribadian.

Sedangkan untuk istilah konselor sendiri muncul dari dua ranah yakni ranah pendidikan dan juga konselor keagamaan. Tentu jurusan konselornya pun sesuai dengan ranah yang digeluti masing – masing konselor.

Psikolog pernikahan sendiri, merupakan orang yang bergelut di bidang analisis masalah sosial yang dinilai dari aspek kejiwaan seseorang. Dengan menggunakan keilmuan ini, Anda akan lebih mungkin untuk mengetahui permasalahan mengenai pernikahan Anda.

Anda berminat untuk melakukan konsultasi di DS Consultant? Untuk informasi lebih lanjut baik mengenai biaya konsultasi dan jenis konsultasi yang ada di DS Consultant silakan hubungi kami.

Sedang Mencari Jasa Konsultasi Psikologi?

Langsung Hubungi Kami di Nomor Customer Service kami dengan klik berikut ini:wa dsconsultantatau ke website https://dsconsultant.id

★★★★★

Artikel lainnya:

Konsultasi Psikolog

Summary
Review Date
Reviewed Item
Psikolog Pernikahan
Author Rating
51star1star1star1star1star
Psikolog Pernikahan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *